Senin, Oktober 28, 2024
BerandaBale BandungAjak Masyarakat Optimalkan Pengelolaan Sampah

Ajak Masyarakat Optimalkan Pengelolaan Sampah

SOREANG,balebandung.com – Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bandung Hj. Reni Rahayu Fauzie menyatakan bahwa Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) merupakan momen penting untuk menunjukkan kepedulian masyarakat terkait dalam pengelolaan sampah rumah tangga maupun sampah yang dihasilkan oleh masing-masing rumah tangga.

“Sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa dikelola dengan baik, dalam upaya mengurangi sampah yang dibuang atau diangkut ke TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat,” kata Reni, Kamis (23/2/2023).

Reni pun merasa yakin bahwa masyarakat secara umum sudah teredukasi, bagaimana mengelola sampah dengan baik. “Apalagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, sebagai leading sektor dalam penanganan dan pengelolaan sampah terus-menerus memberikan edukasi kepada masyarakat. Demikian pula yang dilakukan Pak Bupati Bandung terus mengajak masyarakat dalam upaya mengelola sampah. Bahwa semua bisa menjadi pahlawan untuk lingkungan,” tutur Reni.

Reni juga melihat bahwa DLH Kabupaten Bandung memiliki pusat edukasi pengelolaan sampah di Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. “Di tempat itu, masyarakat bisa belajar langsung bagaimana mengelola atau mengolah sampah organik maupun anorganik,” katanya.

Belum lagi, kata Reni, di sejumlah tempat ada bank sampah untuk mengelola sampah anorganik, yang memiliki nilai ekonomi cukup besar. “Seperti bank sampah di Baleendah, di tempat itu sampah diolah untuk dijadikan bahan baku daur ulang. Jadi semakin banyak bank sampah atau tempat-tempat pengolahan sampah, saya yakin bahwa sampah yang dihasilkan masyarakat akan terkendali dan tidak banyak yang dibuang ke TPA,” tuturnya.

Reni juga turut mendorong sejumlah pihak untuk melaksanakan berbagai pelatihan keterampilan dengan memanfaatkan bahan baku sampah anorganik maupun organik. “Dengan adanya peningkatan sumber daya manusia melalui program pelatihan itu, saya yakin dan optimis masyarakat akan berdaya dan mandiri,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk memiliki jiwa mandiri dalam pengelolaan sampah. “Dalam pengelolaan sampah pun harus berdasarkan pada keinginan atau kesadaran sendiri. Ayo kita peduli dalam pengelolaan sampah. Kita tahu bahwa semua orang menghasilkan sampah, tapi setiap orang bisa menjadi sumber solusi dalam pengelolaan sampah. Makanya, kita harus sama-sama peduli dalam pengelolaan sampah,” harapnya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img