Minggu, Oktober 27, 2024
BerandaBale BandungWapres Ma'ruf Amin Berikan RAN PE Award kepada Bupati Bandung

Wapres Ma’ruf Amin Berikan RAN PE Award kepada Bupati Bandung

JAKARTA, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima penghargaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ektrimisme (RAN PE) Awards 2024 dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyerahkan secara langsung RAN PE Awards kepada Bupati Bandung di The Westin Jakarta, Senin (19/8/2024).

Wapres Ma’ruf Amin menyatakan sepanjang tahun 2023 tidak ada aksi terorisme dan membuat skor Indonesia menjadi naik, yang tadinya di urutan ke-31, sekarang menjadi urutan ke-24 dalam laporan Global Terorism Index 2024.

“Karena itu sebagai akhir dari RAN PE 2024 periode pertama menghasilkan hasil yang luar biasa dan saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya,”  kata Wapres saat konferensi pers.

Dalam pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme tahun 2024, kata Wapres, kita dapat menyaksikan berbagai capaian positif selama periode pertama RAN PE in berlangsung.

“Serangan terorisme terus menunjukkan penurunan. Bahkan pada tahun 2023 tidak terjadi serangan terorisme sama sekali,” kata Ma’ruf Amin.

Selain itu dalam laporan Global Terorism Index 2024, Indonesia mencatatkan penurunan angka kematian akibat serangan terorisme menjadi 22 persen.

“Capaian ini adalah bukti nyata dari efektivitas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam melawan ekstrimisme dan memberikan harapan besar bagi kesuksesan pencegahan dan penanggulangan berbasis kekerasan di Indonesia di periode berikutnya,” kata Ma’ruf.

Selain itu, imbuhnya, penguatan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam memberikan jaminan perlindungan dan rasa aman melalui penyusunan RAN PE juga harus menjadi prioritas utama.

Wapres berpesan agar dukungan pemerintah daerah untuk berperan lebih aktif dalam melaksanakan aksi RAN PE. Sebab menurutnya pemerintah daerah memiliki pemahaman mendalam tentang kondisi sosial budaya dan dinamika lokal, sehingga keterlibatan daerah penting untuk mendapatkan respon yang lebih cepat dan tepat terhadap ancaman terorisme.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan RAN PE 2024 ini, yang sudah berkomintmen berkontribusi dan secara konsisten melaksanakan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme di Indonesia,” ucap Ma’ruf.

Wapres berharap pemberian penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk memberikan upaya terbaik dalam mencegah dan menanggulangi ektrimisme berbasis kekerasan yang mangarah pada terorisme di negara yang kita cintai.

Sementara Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada Wapres RI dan BNPT atas penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan langsung dari Bapak Wakil Presiden dalam penganugerahan penghargaan RAN PE Awards 2024 untuk Kategori Inisiator dan Berkomitmen dalam pelaksanaan RAN PE,” kata Bupati Bandung didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Bambang Sukmawijaya.

Sebagai bentuk komitmen terhadap RAN PE itu, imbuh bupati, Pemkab Bandung telah menyusun Peraturan Bupati dan regulasi lainnya.

“Juga melakukan pembinaan dan menjalin kerjasama dengan para mantan radikalisme. Jadi, dalam hal ini kita rangkul dan bina maupun mengadakan kegiatan positif, akhirnya dari beberapa mantan anggota NII sudah cabut ba’iat dan kembali ke NKRI,” tutur Dadang Supriatna.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img