Senin, Oktober 28, 2024
BerandaBale BandungGeo Dipa Patuha Internship Program Inginkan Generasi Muda Bukan Sekedar Paham Geothermal

Geo Dipa Patuha Internship Program Inginkan Generasi Muda Bukan Sekedar Paham Geothermal

KAB BANDUNG, Balebandung.com – PT Geo Dipa Energi Area Patuha Kabupaten Bandung memiliki program internship untuk para mahasiswa baik D3, D4, S1, maupun S2. Para peserta internship ini akan menyelesaikan program dalam 2 bulan.

Selama 2 bulan tersebut, para peserta diperlakukan seperti pegawai, yaitu bekerja di kantor dari jam 8 sampai jam 4 sore. Berbagai fasilitas disediakan seperti ruang bekerja dan berdiskusi bersama, makan siang di kantor, antar jemput dan juga uang saku.

Dalam hal ini, tujuan Geodipa adalah ingin generasi muda tidak hanya mengerti geothermal, tapi juga terlibat langsung dalam kegiatan di lapangan dengan berbagai tantangannya. Sehingga memiliki pengalaman nyata dan berkualitas sebagai implementasi dari apa yang mereka pelajari di kelas. Tidak hanya meningkatkan knowledge, namun juga skill. Di samping itu juga dapat digunakan untuk memenuhi syarat kelulusan.

Oleh Geodipa, program ini telah dihitung secara cermat dan matang baik dari segi manfaat maupun biaya, didesain dengan sangat sistematis terstruktur untuk mencapai tujuan.
Sebagai uji coba, program ini akan dilakukan dalam 3 batch. Tiap batch kira-kira terdiri dari 25 peserta yang akan dibagi menjadi 6-7 grup, sehingga tiap grup berisi 3-4 peserta.

Tiap grup akan didampingi oleh minimal 1 mentor internal Geodipa. Tiap grup akan mengerjakan tugas yang berbeda, tidak hanya aspek teknik seperti turbin, kelistrikan, sistem kontrol, instrumentasi, pompa, sistem pendingin, steamfield, dll. Tapi juga non teknis seperti keuangan, procurement, human resource development, komunikasi, social, dll.

Pada bulan pertama, seluruh peserta akan mendapatkan orientasi. Kemudian mengerjakan tugas grup yang berfokus pada studi literatur. Tidak hanya melalui dokumen yang disediakan, namun peserta dibebaskan dengan kreativitasnya untuk mencari sumber informasi lain, termasuk sumber non konvensional seperti video, wawancara, dll. Hasil pekerjaan bulan pertama akan dipresentasikan di depan reviewer dan undangan internal Geodipa.

Bulan kedua, para peserta akan menerapkan hasil studi literatur untuk memecahkan masalah melalui studi kasus. Sebelum program tiap batch berakhir, hasil studi literatur akan dipresentasikan di depan reviewer dan undangan internal Geo Dipa.

“Saat ini Batch 2 sedang berlangsung dan alhamdulillah saya dan Prof. Fauzi Soelaiman masih dipercaya oleh Geo Dipa Patuha untuk menjadi reviewer hasil pekerjaan peserta bulan pertama,” kata Ali Ashat,  Dipl. Geoth. Tech, peneliti geothermal sekaligus Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (8/10/2024).

“Saya sebagai reviewer sangat menikmati program ini, banyak hal-hal baru yang dimunculkan oleh para peserta yang beda jauh generasinya dengan saya,” imbuh Ali.

Sejak Batch 1, para peserta yang berasal dari berbagai jurusan dan universitas/politeknik di Indonesia ini juga sangat menikmati tantangan ini. Untuk Batch 2.

“Tetap semangat mengerjakan studi kasus yang diberikan dan sampai jumpa pada akhir program di Awal November nanti!” ucap Ali. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img