Minggu, Oktober 27, 2024
BerandaBale BandungHSN Refleksi agar Terus Berbenah dan Tingkatkan Kualitas Kemampuan Santri

HSN Refleksi agar Terus Berbenah dan Tingkatkan Kualitas Kemampuan Santri

SOREANG, Balebandung.com – Hari Santri Nasional (HSN) diharapkan bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun memiliki makna dan filosofi yang besar bagi bangsa Indonesia. Karena itu pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai HSN yang tertuang dalam Keppres Nomor 22 Tahun 2015.

Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bandung H. Cecep Irfan Hilmi menyatakan, pelaksanaan peringatan Hasri Santri Nasional (HSN) mendedikasikan bahwa pondok pesantren dan santri mempunyai peran dan posisi yang strategis dalam sejarah perjalanan bangsa.

“Mengingat dalam kesejarahannya para ulama dan santri selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Bangsa Indonesia,” kata Cecep Irfan Hilmi di sela Tasyakur Puncak HSN 2024 tingkat Jawa Barat, di Dome Balarame Soreang, Selasa (22/11/2024).

Karena itulah, imbuh Cecep, HSN sejatinya memiliki arti, makna dan filosofi, sehingga peringatannya bukan seremonial saja dengan kegiatan yang meriah, namun sebagai momentum untuk refleksi agar terus berbenah dan meningkatkan kualitas kemampuan diri.

“Diharapkan, melalui HSN ini menjadi momentum refleksi demi meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi, agar bisa memiliki peran dalam mengisi pembangunan daerah di segala sektor. Karena saat ini, santri bukan lagi berjuang melawan pasukan penjajah seperti dahulu,” tuturnya.

Menurutnya, santri kekinian ikut berperan aktif dalam pembangunan sekaligus mendukung kemajuan menuju Kabupaten Bandung lebih Bedas, karenanya para santri harus memiliki berbagai inovasi dan kreatif.

“Santri yang memiliki inovasi dan kreatif agar kelak ketika pulang atau lulus dari pondok pesantren, bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah dan pengembangan masyarakat. Yang jelas, Pemerintah Daerah berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh santri atas dedikasi serta kontribusinya dalam membangun daerah,” ungkapn Cecep. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img