Minggu, Oktober 27, 2024
BerandaBale BandungPengembangan Desa Wisata Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat

Pengembangan Desa Wisata Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat

SOREANG,balebandung.com – Ketua Penggerak Ekonomi Rakyat Kabupaten Bandung Hadiat mengatakan, langkah Bupati Bandung HM Dadang Supriatna yang terus berusaha untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan destinasi wisata dan desa wisata merupakan langkah tepat dalam upaya membantu warganya.

“Apalagi, saat ini Pak Bupati Bandung sedang berusaha mengembangkan 100 destinasi wisata baru, meski saat ini sudah beberapa titik lokasi ada pengembangan destinasi wisata yang menjadi daya tarik ribuan warga dari berbagai daerah. Seperti destinasi wisata di wilayah Pacira (Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali), selain di Pangalengan,” kata Hadiat kepada wartawan, Sabtu (27/8/2022).

Hadiat juga memerhatikan Bupati Bandung sangat fokus pada pengembangan desa wisata, seperti yang diungkapkan orang nomor satu itu akan mengembangkan 100 desa wisata. Meski di lapangan, sudah puluhan desa wisata yang sudah berjalan di Kabupaten Bandung, di antaranya Desa Alamendah Kecamatan Rancabali yang sudah menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Pengembangan desa wisata itu sangat membantu ekonomi masyarakat. Karena dapat mendorong kunjungan para wisatawan dari luar, untuk hadir di desa,” kata Hadiat.

Ia mengatakan, langkah Bupati Bandung dalam upaya mengembangkan desa wisata maupun destinasi wisata itu, didukung dengan kondisi alam yang menarik sebagai kekayaan alam di Kabupaten Bandung.

“Namun dalam upaya pengembangan wisata itu, tetap harus berdasarkan pada peraturan-peraturan yang berlaku. Disamping itu mengacu pada norma dan kearifan lokal warga sekitar. Lebih penting lagi adalah memerhatikan lingkungan sekitar. Intinya, dalam pengembangan wisata itu tidak merusak alam. Alam harus tetap lestari, dan ekonomi masyarakat harus bangkit,” katanya.

Hadiat mengatakan, dalam pengembangan desa wisata maupun destinasi wisata itu, tentunya dengan karakter alam yang berbeda. Termasuk karakter seni dan budaya masyarakat yang berbeda pula.

“Karena setiap desa itu memiliki potensi alam yang berbeda, begitu pula dengan budayanya. Jadi masing-masing desa akan mengembangkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing,” katanya.

Hadiat juga melihat dengan adanya pengembangan desa wisata itu, akan membangkitkan para pelaku UMKM. “Para pelaku UMKM itu sangat ketergantungan pada kunjungan wisatawan, sehingga dengan adanya pengembangan desa wisata sangat berpengaruh pada kelangsungan ekonomi pelaku usaha tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, kawasan wisata merupakan lahan potensial untuk memasarkan produk UMKM. “Makanya, perlu dilakukan pembinaan terhadap para pelaku UMKM, selain penggerak pariwisata di desa yang berkaitan dengan desa wisata tersebut,” ungkapnya.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img